Ads-Top

[WOW] Vietnam Bikin Sistem Kereta Gantung Terbesar di Gua Terbesar

Vietnam telah menjadi tuan rumah bagi dua fenomena pemecah rekor dunia, yaitu rute kereta gantung terpanjang dan gua terbesar di dunia. Dan sekarang pemerintah Vietnam hendak menggabungkan keduanya menjadi rekor alam baru.



Dilaporkan situs The Thrillist, Vietnam hendak membangun sistem kereta gantung terpanjang di muka bumi yang melewati Gua Hang Son Doong, gua terbesar yang menjadi situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2009. 

Fasilitas kereta gantung ini dimaksudkan sebagai salah satu atraksi wisata gua yang mampu memuat gedung 40 lantai tersebut. Nantinya wisatawan bisa menikmati keindahan Son Doong di atas kereta gantung.

Walaupun begitu, gagasan ini menuai protes dari sejumlah pihak. Meskipun juru bicara pemerintah menyampaikan bahwa pembangunan sistem kereta gantung tidak akan membahayakan kondisi gua, banyak yang berpendapat kalau proyek ini nantinya akan merusak kealamian gua Son Doong yang selama ini dijaga ketat. Bahkan jumlah pengunjung gua ini dibatasi hingga 250 wisatawan saja setiap tahunnya.

Gua ini memang memiliki kondisi alam yang unik. Di dalamnya tersembunyi hutan lebat yang senantiasa diliputi kabut tipis dan kolam jernih dengan air berwarna kehijauan. Belum lagi kebun-kebun bertingkat alami yang diairi aliran sungai gua.

Selain itu di Gua Soon Doong ditemukan banyak sekali mutiara gua, batu-batu kecil dari pengendapan kalsium berbentuk bulat yang biasa ditemukan di gua-gua kapur.

Sejauh ini pihak-pihak yang menentang proyek kereta gantung di gua Son Doong telah mengumpulkan tanda tangan untuk petisi penolakan.

[tsr]







Sumber: || Ow... Unik !

No comments:

Powered by Blogger.