Ads-Top

Luar Biasa...Nenek Berusia 64 Tahun ini Masih Sanggup BERENANG di Laut Bebas

Nenek berusia 64 tahun bernama Diana Nyad tak pernah patah arang dengan niat mewujudkan mimpinya berenang di laut bebas antara Kuba dan Florida, AS.

 

Nenek asal Key West, Florida, ini menjajal kemampuannya yang kelima kali berenang dari Havana ke Florida Keys. Ia mencoba menjadi orang pertama yang nekat berenang tanpa kurungan anti cabikan ikan hiu, lumba-lumba atau pakaian hitam panjang perenang, lapor CNN.

Jika tidak ada aral melintang, katanya, upaya memegang rekor berenang tanpa baju renang hitam menutupi seluruh tubuhnya itu diperkirakan akan memakan waktu sekitar tiga hari.

Nyad, yang mulai penasaran mewujudkan mimpinya sejak 35 tahun silam itu mengatakan pada konferensi pers di Havana, bahwa petulangan berenang itu demi memperbaiki hubungan antara AS dan Kuba. Para pejabat Kuba menasihatinya agar melindungi dirinya dari sengatan ubur-ubur, yang berakibat menggagalkan upayanya mencetak rekor berenang Kuba-Florida tahun 1977.

Nenek Nyad ini bilang, ia akan mengenakan sarung tangan dokter untuk operasi pembedahan dan topeng yang didesain khusus untuk menghindari sengatan ubur-ubur. “Setahun lho untuk mengembangkan topeng itu,” ujarnya. Topeng ini banyak digunakan melindungi muka orang yang terpapar cacat.

Nyad ditemai oleh 35 anggota tim penyelamat yang memonitor kesehatannya, memperbaharui pencapaiannya di media sosial dan mengusir ikan-ikan hiu.

Pada tahun 1977, perenang maraton Susie Maroney asal Australia, ketika itu berusia 22 tahun, berhasil menyelesaikan petualangan renangnya menyeberangi laut antara Kuba dan Florida. Tapi ia menggunakan kurungan anti hiu dan melindunginya dari terpaan ombak dan cuaca yang ganas.
Support crew: Nyad, pictured on August 19, has a team of crew members assisting her historic 103-mile swim; she was attempting the swim without a shark cage

Once bitten: Nyad, off the coast of Havana, Cuba, takes a break on August 18 after being stung by a jellyfish; she is covered by protective paint to ward off hypothermia 

Try, try again: This is Nyad's third time since last summer trying to swim across the Strait

No comments:

Powered by Blogger.