Ads-Top

Cara membuat dan memasang meta tag di blogspot

Cara membuat & memasang meta tag di blogspot
Cara memasang & membuat meta tag di blogspot - Assalamualaikum. Setelah kemarin saya telah membahas mengenai cara membuat widget baik widget popular post maupun widget recent post. Kali ini saya akan membahas apa itu meta tag dan bagaimana cara memasang meta tag di blog. Jika anda seorang blogger pemula mungkin kurang mengerti atau merasa sangat asing dengan kata meta tag. Namun jika anda sudah mengerti, ini akan menjadi suatu keuntungan bagi anda, karena dengan meta tag anda tentu akan banyak mendatangkan pengunjung melalui search engine. Meta tag sangat berpengaruh sekali dalam hal search engine optimation. Tanpa meta tag, mesin pencari tidak akan mengenali blog kita. Lantas apa itu meta tag sebenarnya ?.

Apa itu meta tag ?


Meta tag merupakan sebuah tag atau kode/script dalam bahasa awam yang sisipkan atau dipasang di dalam template blog untuk memberi tahu mengenai informasi, tema, isi, deskripsi blog, penulis blog dan lainnya kepada mesin pencari atau search engine. Lalu untuk apa di beri tahu ?. agar mesin pencari tersebut dapat mengindeks halaman blog maupun halaman postingan kita dengan mudahnya dan kemudian dapat ditampilkan pada halaman mesin pencari mereka. Meta tag meliputi meta deskripsi, meta keyword (kata kunci), meta author ( penulis), meta robots, dan masih banyak meta lainnya.


Apa itu meta deskripsi ?


Meta description ( deskripsi) adalah meta tag untuk memuat informasi maupun deskripsi dari halaman blog dan halaman postingan blog. Meta deskripsi sangat berguna sekali dan sangat penting sekali bagi blog anda dalam mesin pencari. Jadi jika anda mengetikkan alamat blog anda di mesin pencari, kita contohkan saja mesin pencari google. makan akan terlihat judul blog anda dan di bawahnya akan ada desekripsi blog anda.

meta deskripsi

Tulisan berada di dalam kotak merah pada gambar di atas merupakan meta deskripsi dari blog saya. Nah seperti itulah gambaran apa itu meta deskripsi.

<meta name="description" content="Deskripsi blog anda.">

Apa itu meta keyword (kata kunci) ?


Meta keyword merupakan kumpulan kata-kata fungsinya hampir sama dengan meta deskripsi. Meta keyword juga di sisipkan di dalam template blog. Meta tag keyword sangat penting keberadaannya, karena dengan kata kunci blog anda bisa diteemukan halaman web tersebut pada search engine.

<meta name="keywords" content="keyword1 keyword2 keyword3">

 Apa itu meta author (penulis) ?


Dari tulisannya saja kita sudah mengetahui apa arti dari meta author ini. meta author merupakan meta untuk memberitahukan nama dari penulis suatu blog.

<meta content='Nama penulis blog' name='author'/>

Cara memasang meta tag


Dalam memasang meta tag terdapat dua cara berbeda. Cara pertama adalah dengan memasang sintak semua meta ( meta deskripsi, meta keyword, meta author, meta robot dan meta lainnya) ke dalam template blog. Untuk cara kedua merupakan cara baru, karena blogger telah menambahkan fitur search preferences ke dalam menu setelan, bisa anda lihat di dashboard blog. Namun cara ini hanya bisa untuk memasang meta deskripsi saja. Namun terserah anda ingin memakai cara mana. Satu lagi perlu anda ingat, dalam membuat meta deskripsi tidak boleh dari 150 karakter. Mengapa ?. karena jika lebih meta deskripsi anda akan terpotong.

Cara memasang meta tag ke dalam template

  • Login ke akun blogger anda.
  • kemudian klik menu template >>Edit HTML
  • kemudian cari kode <b:include data='blog' name='all-head-content'/>, Gunakan CRTL + F agar lebih mudah.
  • Lalu pastekan kode di bawah ini.
<meta content='DESKRIPSI BLOG ANDA' name='description'/>
<meta content='KEYWORD 1, KEYWORD 2, KEYWORD 3,......' name='keywords'/>
<meta content='Index, Follow' name='robots'/>
<meta content='NAMA ANDA' name='author'/>
<meta content='© 2013 NAMA BLOG ANDA' name='copyright'/>
<meta content='2 days' name='revisit'/>
<meta content='never' name='expires'/>
<meta content='2 days' name='revisit-after'/>
<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>
<meta content='ID' name='language'/>
<meta content='ID' name='geo.country'/>
<meta content='All-Language' http-equiv='Content-Language'/>
<meta content='global' name='distribution'/>
<meta content='blogger' name='generator'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content='global' name='target'/>
<meta content='true' name='MSSmartTagsPreventParsing'/>
<meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/>
<meta content='index, follow' name='googlebot'/>
<meta content='follow, all' name='Googlebot-Image'/>
<meta content='follow, all' name='msnbot'/>
<meta content='follow, all' name='Slurp'/>
<meta content='follow, all' name='ZyBorg'/>
<meta content='follow, all' name='Scooter'/>
<meta content='all' name='spiders'/>
<meta content='all' name='WEBCRAWLERS'/>
<meta content='noodp' name='robots'/>
<meta content='noydir' name='robots'/>
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/> 
<meta content='aeiwi, alexa, alltheWeb, altavista, aol netfind, anzwers, canada, directhit, euroseek, excite, overture, go, google, hotbot. infomak, kanoodle, lycos, mastersite, national directory, northern light, searchit, simplesearch, Websmostlinked, webtop, what-u-seek, aol, yahoo, webcrawler, infoseek, excite, magellan, looksmart, bing, cnet, googlebot' name='search engines'/>

  • Klik simpan.

Di atas merupakan meta tag versi lengkap. Anda juga bisa untuk tidak memasukkan semua meta tag di atas. Silahkan ganti tulisan berwarna merah di atas. 

Cara memasang meta tag dengan fitur search preferences


Sebelum memasang meta tag ini, anda harus ingat bahwa tag ini hanya untuk meta deskripsi. Anda tidak bisa memasukkan semua meta tag kedalamnya. Cara ini sangat gampang karena blogger telah memberikan kemudahan.
  • Login ke akun blogger sobat.
  • Kemudian klik menu setelan.
  • Klik menu prefenrensi penelusuran/ search prefenrences.
  • Lihat pada bagian meta tag > deskripsi.
  • Lalu klik edit.
  • Klik "yes"
  • Kemudian tambahkan meta deskripsi blog anda.
meta deskripsi


Namun jika anda tidak memakai cara di atas. Pasikan anda tetap mengklik "yes". Apa gunanya ?. Gunanya adalah untuk mengaktifkan fitur meta deskripsi untuk halaman posting.  Apa itu fitur meta deskripsi untuk halaman posting ?. Labih lengkapnya simak ulasan di bawah ini.

Cara membuat meta deskripsi halaman posting


Sebelumnya fitur meta deskripsi halaman pada halaman posting blogger belum ada, baru-baru ini blogspot telah mempermudah penggunanya dengan membuat sebuah fitur meta deskripsi halaman posting. Bayangkan saja kita harus membuat meta deskripsi untuk setiap postingan dengan kode html. Pasti sangat melelahkan bukan. Nah cara menambah meta deskripsi di bawah ini sangat simple. Anda hanya perlu menulis kata-kata deskripsi atau gambaran singkat dari postingan anda. Berikut caranya.

  • Sebelumnya anda harus klik "yes" seperti cara di atas dulu. kemudian klik simpan.
  • Setelah itu saat anda ingin memposting seasuatu. klik deskripsi penelusuran/ search description.
  • Isikan gambaran singkat dari postingan sobat.
Cara membuat & memasang meta tag pada halaman posting

  • Klik selesai.
Demikianlah penjelasan saya mengenai apa itu meta tag, meta deskripsi, meta keyword, cara membuat dan memasang meta tag di blog. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Assalamualaikum.

No comments:

Powered by Blogger.