Ads-Top

Cara Meningkatkan SEO Blog

Cara Meningkatkan SEO Blog
Cara Meningkatkan SEO Blog - Ketika baru mulai belajar tentang search engine optimization (SEO), pasti sedikit kewalahan. Tapi sebelum mencoba cara lain, cobalah cara SEO terlebih dahulu. Tidak semua SEO rumit. Bahkan di sini ada beberapa strategi SEO dapat diterapkan langsung ke blog. Tidak perlu skill tinggi untuk meningkatkan SEO blog. Hanya perlu bekerja ekstra awalnya, kemudian hasilnya di dapat pada akhirnya. Berikut cara meningkatkan SEO blog untuk pemula.

5 Cara Meningkatkan SEO Blog


Membuat search engine mengindeks blog

Cara pertama mempromosikan blog pada hasil pencarian adalah membuat blog terindeks oleh mesin pencari. Suatu cara dimana mesin pencari melihat konten untuk mengetahui apa yang akan dimasukkan dalam hasil pencarian. Maksudnya adalah apabila pengguna mesin pencari mengetikkan sebuah kata, mesin pencari tersebut melihat semua konten hasil indeks mesin pencari tersebut, kemudian mencocokkan dengan konten terindeks lalu menampilkannya pada hasil pencarian. Apabila konten cocok dengan kata yang di cari oleh pengguna maka tidak menutup kemungkinan konten tampil halaman pertama google. Namun ada beberapa faktor penting lain yang menjadi tolak ukur untuk bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian. 
Membuat blog terindeks mesin pencari bukannlah pekerjaan sulit. Dengan hanya menambahkan blog ke mesin pencari terkemuka seperti Bing Webmaster Tools, Google Webmaster Tools. Kemudian buat sitemap blog. Submit sitemap blog ke alat webmaster. 1 poin peningkatkan SEO sudah didapatkan.

Manfaatkan media sosial

Sekaran media sosial sudah menjadi tren bagi masyarakat dunia. Tentu begitu juga dengan mesin pencari. Mesin pencari juga memperhitungkan seberapa populer blog di media sosial. Kita contohkan saja bila anda terhubung dengan seseorang di Google+, postingan blog mungkin lebih sering muncul di hasil pencarian seseorang tersebut ketimbang dengan orang lain. Selain itu media sosial juga bisa dikatakan tempat berbagi postingan anda secara gratis. Bisa jadi pengunjung blog anda datang dari sosial media seperti facebook, twiiter maupun google+. Anda bisa membuat fanpage blog di facebook guna mempublikasikan postingan. Jika sudah memiliki fanpage, 2 poin kedua peningkatan SEO.


Membuat widget artikel terkait

Ketika berkunjung ke blog-blog lain, pernahkah anda melihat sebuah widget berisikan sekumpulan artikel serupa dengan artikel yang  anda baca. Jika pernah itu merupakan widget artikel terkait atau sering disebut widget related post. Widget related post tidak hanya menarik pembaca meng-klik, namun juga meningkatkan pageview artikel lama atau artikel sedikit pageview. Saya juga mendapat info bahwa ini juga dapat meningkatkan pagerank blog. Tentu tidak harus selalu dengan widget artikel tekait, anda juga bisa memasang widget popular post maupun widget recent post ke blog. Perlu di ingat bahwa link mengarah ke postingan blog lain juga merupakan faktor meningkatkan SEO blog.

Pertimbangkan kata kunci postingan

Tidak perlu menjadi seorang spesialis SEO untuk mempertimbangkan kata kunci dalam upaya blogging. Coba Google Keyword Tool untuk menguji kata-kata atau frasa bidikan yang digunakan dalam postingan. Petunjuk: Fokus pada kata kunci dengan persaingan rendah dan pencariannya tinggi untuk kesempatan keberhasilan.
Ketika pembaca membagikan postingan ke media sosial, mereka bertindak mempromosikan konten di platform sosial seperti Facebook, Twitter & Pinterest. Hal ini jelas baik untuk blog dalam hal lalu lintas dan pembaca, tapi juga bermanfaat bagi SEO blog. Semakin banyak konten dibagi, kemungkinan semakin besar konten tersebar. Semakin banyak konten tersebar, maka semakin cepat konten terindesk oleh mesin pencari. 

Seperti anda lihat dari tips dalam posting ini, meningkatkan SEO blog sangatlah mudah. Jangan menunggu untuk memulai meningkatkan blog dalam hasil pencarian, menaikkan trafik serta meningkatkan SEO blog. Terapkanlah tips diatas sekarang juga. Demikianlah penjelasan saya mengenai Cara Meningkatkan SEO Blog. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Powered by Blogger.